VESPA. Mungkin ini adalah satu-satunya kendaraan yang paling dekat dengan saya. Dulu waktu saya kecil, di rumah hanya ada 1 buah vespa warna ijo telor asin keluaran tahun 65, 1 buah sepeda kumbang yang hitam tinggi, sama 1 buah sepeda mini jengki tua. Tiga-tiganya memang sudah tua sih… Berhubung di rumah saya termasuk warga kelas bawah karena masih ada 9 orang kakak di atas saya, jadi kesempatan saya untuk pakai 3 kendaraan tadi sangat kecil, harus benar-benar tidak ada yang pakai baru saya diijinkan pegang.
Kenangan saya dengan Vespa telor ini sangatlah banyak, dari bunyinya yang khas hingga bentuknya yang waktu itu dari sudut pandang saya yang masih kecil terlihat besar dan tembem. Bagasi terletak di samping di salah satu pantat gendutnya. Sedangkan mesin terletak di pantat satunya. Jok nya pun masih terpisah depan belakang. Jadi dulu saat saya dibonceng bertiga, saya yang biasanya duduk ditengah siap2 pahanya kejepit jok depan kalo lagi ada gronjalan (jalan berlubang). Tersiksa? Jelas! Saya ingat dulu kakak-kakak yang lebih tua sering mengemas Vespa ini seolah kendaraan yang menakutkan. Mereka bilang Vespa adalah kendaraan yang susah, karena jika masukin giginya tidak benar si Vespa bisa njengat dan ngegas berakibat kita jatuh atau nabrak tembok dlsb yang pokoknya seram. Dulu karir saya pegang Vespa telor ini dimulai dengan menawarkan bantuan manasin di pagi hari.. Vespa dimiringin trus engkol starter yang ada di bawah diinjak berulang-ulang sampai nyala. Adakalanya susah nyala, itu berarti Vespa nya harus dicuk (choke) dulu. Saya sendiri tidak tau fungsi cuk ini buat apa tapi saya ingat sekali kalo distarter berulang-ulang tidak nyala berarti saatnya ngencuk.. eh ngecuk. Dan terbukti memang manjur. Biasanya Vespa yang idle lama saat mau dinyalain memang harus dicuk dulu. Gak tau juga Vespa jaman sekarang masih butuh cuk mengecuk tidak yah?
Sejalan waktu akhirnya di rumah ada Honda GL Pro, Astrea 80 dan Suzuki Jimny. Kendaraan – kendaraan tua mulai bergeser ke kami kelas bawah dan si Vespa jatuh ke kakak saya yg posisinya tepat di atas saya, dan karena itulah sampai sekarang dia mendapat nama si “Ndhog”.. saya sendiri sudah terbiasa memanggil dia dengan sebutan mas Tigan. Tigan adalah Ndhog atau Telor dalam bahasa jawa krama inggil, biar kesannya lebih sopan. Kira-kira awal 90an Vespa telor kami dijual seharga 750rb ke tetangga, beberapa tahun kemarin saat mudik saya masih sempat ngeliat Vespa tersebut dia pakai. Entah sekarang masih ada atau tidak.
Terus terang sampai sekarang saya masih gemar naik vespa terutama yang tahun – tahun lama. Rasanya memang beda ketimbang naik motor biasa. Pernah waktu jalan di mall piaggio lagi pameran vespa baru, saat itu ada yang warna merah ngejreng dengan ban warna putih cakep sekali. Sempat mikir-mikir pengen beli, tapi pas tau harganya 60jt an, gak perlu pikir panjang saya rogoh dompet dan langsung…. Cabut dari mall beli gorengan di luar hehe
Besok Sabtu sore seorang teman yang bekerja di Piaggio ngajak muter-muter naik vespa baru, matic sih tapi ndak apa2lah obat kangen.
iya..iya pernah ngalamin juga
ReplyDeletekomen pertama di tulisan pertama saya di tahun 2012... anda layak dapat bintang mbak!
ReplyDeletebintang 7 ya....
ReplyDeleteWeks,
ReplyDeleteberarti Pakdhe Kis nomor sepuluh....???
DUlu simbok kuwi nglairin apa mencret jee...? :))
#mlayuuuu
hufttt
ReplyDeleteaku ra diajak weee
adus sik sing resik ngko pareng ndherek
ReplyDeleteaku malah katrok ga bisa pake pespa
ReplyDeletegabisa ngopernya
haha
uhuyy!!
ReplyDeletetulisan ini membuat gw sedih sekali membayang kan betapa tersiksanya masa kecil mas kiss jadi anak bungsu di keluarga. * tos 2x an wine sama kakak mas kis, kami sesama kakak yg dulu nyiksa adek nya*
ReplyDeleteAihhh seneng deh baca ceritanya .... walopun cerita ttg dirinu rodo2 dibully yo mas?
ReplyDeletedari sudut pandang saya yang masih kecil terlihat besar dan tembem >> ini yg besar dan tembem vespanya apa mas kisnya? wkwkwk
ReplyDelete